Dilan 1991 -- Here comes my favorite 'What If'


Setahun lebih telah berlalu sejak huru hara Dilan 1990, tanggal 28 februari kemarin keluar film sequelnya, gw sebagai tante - tante kiasu kudu banget nonton di hari pertama jam 11 pagi berduaan sama Iin, sobat sma ku yang kebetulan dilanisme cabang gading wkwk, sayang sekali temen sma gw yang lain yang sama - sama dilanisme cabang tebet berhalangan hadir ;p

Dari beberapa hari sebelumnya, setelah minta tolong pak suami beliin tiket di mtix tapi harus disertai janji cukup sekali aja nontonnya.

Hubs: Gak usah kayak yang dilan pertama itu loh nonton sampe 3x udah sekali aja!!
Wife: Iyeee... aku juga gak ada rencana nonton 2x soalnya sedih ceritanya

Selain itu buku kedua ini my least favorite sih abisan di buku kedua itu macem lihat curahan hati cewek PMS yaaah macem lihat diary sendiri gitu lah emosionalnya hahahaha.
kalau dulu pas pertama kali nonton Dilan karena kebawa euphoria aja padahal gak pernah tertarik baca bukunya (kelebayan ku akan dilan 1990 bisa dibaca disini dan disini), untuk Dilan 1991 ini udah khatam ya sama buku - bukunya jadinya gw udah bisa ngetaker titik nangis mana yang akan ku lalui ekspektasi pas mau nonton.

Siplah, partner nonton juga kebetulan sama tingkat kecengengannya (penting ini) jadi bebaskeun saja airmata ini mengalir deraaasssssss.
Gw gak mau bahas alur ceritanya yang pasti udah pada tau juga, cuman mau berbagi uneg - uneg yang bikin gak sreg sama film ini dan juga mau berbagi perasaan gak  move on diiringi after taste yang gloomy amat.

BTW, kemaren gw melanggar janji ke suami untuk cuman 1x nonton...akhirnya gw nonton untuk kedua kalinya hahahaha.. alasan pertama sih gw gak move on, alasan kedua karena  pas nonton pertama kali saking sibuk lap airmata malah pas baca review orang - orang untuk scene tertentu gw sibuk ber hah? heh? emang iya ya? laaah... mbaknya sih sibuk nangis jadi kurang fokus. LOL.

First thing first.. UNEG UNEG!

Haduuuh kenapa sih bundahara itu harus cringe banget sama milea... terlalu mesra gitu loh jadi awkward nih kite nontonnya. Terus yang tokoh guru bahasa indo itu juga freak banget HIHHHH itu tuh termasuk sexual harrasment loh.. masa ngeliatin murid kek gitu, jijay dan gak penting. Harusnya diilangin aja dari cerita, gak akan merusak esensi film pun. 
Terakhir kok gw ngerasa gombalan dilan disini tuh cringe banget ya. pas Dilan 1990 gw juga ngerasa gitu sih tapi ujung - ujungnya terbuai sih wkwkwkwk, contohnya gombalan jangan rindu, berat.. wuidih itu sebelum nonton suka gw ketawain dan hina - hina sekarang sih jadi demen sampe ekspresinya Dilan pas ngomong gitu tuh melekat banget and year later while typing this actually, tetep bikin aku senyum - senyum sendiri kalo inget mukanya pas ngomong itu di telefon umum :)
OKEH back to topic... cringe selanjutnya tuh pas soal Dilan gak mau minjemin jaket ke milea dengan alesan yang menurut gw heh?... dan bikin pengen gw teriakin banyak bacot amat lu byaaaangggg! pinjemin aja ngapah.
terus pas dilan bilang.. "bisa ku cuman mencintaimu" yha bhaique.
Yang terakhir "ciuman yang diwakilin" nah untuk ini ada yang manis ada yang cringe, yang manis cuman di 1 adegan aja sih sisanya cringe abis. yang manis tar gw bahas dibawah.

Nah sekarang bahas yang bikin susah move on!

Pertama, gw seneng liat aktingnya vanesha disini. Akting nangisnya itu jauh banget peningkatannya. Dulu gw nonton TTM adegan dia nangis sih freak  macem kucing kejepit pager, tapi disini walaaah... tepok tangan buat neng sasa!! Apalagi ada 2 scene yang dia nangis di telfon tapi nangisnya tuh yang diliatin dari mata dia berair sampe airmatanya jatoh dan gak dilap sama dia, jadi bener - bener kayak nelangsa tapi gak lebay dan sesenggukan *ngerti gak sih maksud ane hahahaha ribet yeh gw jelasinnya but you got the point lah*

Kedua, gw suka banget sama original scoring di film kedua ini, favorit: pas malem - malem milea otw Trina dapet banget 'kalut'nya. Pas Milea sama bunda otw kerumah dilan scoringnya tuh ngingetin sama film - film holiwut jaman gw kecil.. dimana scenenya biasanya pagi - pagi lagi hepi  jalan ke sekolah naik sepeda ngelewatin rumah - rumah apik suburban *spesifik* sama scoring pas milea naik tangga di gambir, speechless.

Ketiga, chemistry Iqbaal vanesha kok makin - makin sih disini????? yakin gak saling sayang di dunia nyata? yakin??? kalo tante sih gak yakin.....
ekspresi 2 anak ini juga makin - makin kesengsemnya. Senyumnya Dilan pas denger bunda manggil milea calon menantu, senyumnya milea setiap nerima telfon dari Dilan,  mesem -  mesemnya milea pas adegan mau ciuman tapi di sensor *AH ELAH*, mesem - mesem mereka berdua pas adegan naik motor... pipi nempel muluk tuh, apalagi pas adegan dilan bilang jangaaaaaaannnnnnn... yasalam tante gak kuat!!!!

Keempat, pas geng motor dateng kerumah milea yang ada kang adi lagi PDKT ya ampun kocak banget kan disalamin macem dipelaminan sama kang adinya gondok terus pulang hahahahahha. Masih di scene ini pas adegan Dilan natap milea daleeeem banget *gw yang liat sampe lemes* terus dia kasih ciuman diwakilin pake tangan ke pipi sama jidatnya milea tuh kok gw lemes amat yak wakakakakakak, terus dibales milea tangannya ke bibir dilan trus dilannya yang kaget - kaget seneng gitu ya amploooppppp bawaannya pengen geret ke KUA wooyyyyy.

Kelima, adegan depan Trina yang milea marah - marah sama dilan karena tau dilan mau nyerang berharap dilannya insaf eh malah dilannya semacem nantangin.. gw suka banget pas dilan ngomong.. "yaudah katanya mau pulang? Dah!" gak tau yaaaa gw kok emesshhh macem manly kali dia disini hahahahaha. *kekep iqbaal*


Keenam, pas milea ngamuk abis mau dicium yugo di bioskop kan dia lari tuh nyari telfon umum terus nelfon ke rumah dilan dan dilannya gak ada disitu dan bibik malah bilang Dilan lagi di kantor polisi gara - gara ketauan tawuran -___- dia nangis dan terngiang - ngiang ucapan dilan yang "jangan pernah ada yang menyakitimu, nanti orang itu akan hilang" pasti dia frustasi berharap kalo ada Dilan disini yugo pasti udah habis digaplokin. huh.

Ketujuh, scene milea cerita ke ibunya soal perlakuan yugo. Menurut gw ekspresinya Happy Salma tuh dapet banget deh disini.. ekspresi kaget, marah sama yugo tapi juga malu kok bisa - bisanya dia kecolongan anak ceweknya digituin. Duh... thumbs up mbak happy!!

Kedelapan, scene milea-mama anhar-bundahara... kocak kocak kesel sih ini hahahahaha

Kesembilan, scene malem - malem yugo sama nyokapnya dateng kerumah milea ngadep milea sekeluarga buat minta maaf terus milea-nya BT gak mau maafin and then tiba - tiba Dilan dateng ternyata doi baru aja dibebasin dari penjara *mana cakep banget dia disini haduuuh* Terus milea yang tadinya diem seribu bahasa lihat Dilan dateng tiba - tiba burst out nangis *eke juga ikutan nangis* dia bilang ini pacar lia! dia rela dikeluarin dari sekolah gara-gara lindungin lia!" Dilan kaget cuman bisa nunduk ya malu juga kali doi lah ngapa nih tiba - tiba begini heheh... tapi adegan selanjutnya manis banget dan rangkaian scene setelah ini tuh favorit gw banget deh... mereka duduk dihalaman milea sambil dilan nenangin milea terus mereka jalan - jalan nelusurin trotoar malem - malem makan bubur dan cerita - cerita termasuk Milea cerita soal kejadian Yugo.. gw ngerasa rangkaian scene ini tuh kayak 'dawn' dari pepatah sunda "it's always the darkest before the dawn" 



Kesepuluh, scene di depan rumah burhan yang dilan ditampar milea dan minta putus tapi abis itu dilan tetep ngotot nganterin lia pulang... milea jelaslah gak mau, gengshiiii.... tapi abis itu dilan mohon banget buat nganterin dia, ngomongnya alus banget keliatan sincerity-nya takut milea kenapa napa bcos i assume rumahnya burhan tuh dilingkungan banyak preman secara burhan ini ketua geng motor. Nelangsa banget liat mukanya dilan disini... huhuhu. Mukanya milea juga yang akhirnya mau dianterin tapi bukan karena dia takut, tapi memang dia masih pengen sama dilan.

Kesebelas, setelah putus dan judes - judesan, milea yang sebenernya nyesel banget dan kangen dilan tapi gengsi, nemenin bunda kerumah burhan buat ketemu dilan. Terus Milea lihat dilan kan dari mobil, dilan lihat balik tapi langsung memalingkan muka gitu, sedih lihatnya :(

Kedua belas, Scene di dago tea house yang dilan ninggalin lia yang lagi nangis hebring sama bundanya terus sebelum pergi ngomong "jangan berlebihan lia..." MAKJLEEEBBBBBBBBBB.

ketiga belas,  pas mereka gak sengaja ketemu di kantor di Jakarta. nah gw kan udah tau karena baca bukunya kalo mereka bakalan gak sengaja ketemuan disini, karena ternyata dilan magang dikantornya mas herdi. Baru juga di syut kantornya belom di syut tuh milea sama dilan, airmata gw udah ngucur bak air keran... karena gw udah tau adegannya bakalan miris banget.. airmata mulai gak santai T___T


Rasa - rasanya sih pengen nge-bom mas herdi disini woy bisa gak sih liftnya dia dibikin macet aje jadi milea sama dilan ngobrol lebih lama. Huft. BETEK.

Selanjutnya scene milea ke gambir.. pas scene dia naik tangga diiringi original scoring yang menurut gw menyayat hati banget langsung AMBYAAAARRRRRR AKUUUUUHHHHH gw langsung nyender di pundaknya iin sambil sesenggukan... gak bisaaa gak kuaaaatttttttttttt. 

Dan terakhir.. scene sewaktu milea pindah rumah dia ngeliatin tiap sudut rumahnya sambil flashback memori - memori menyenangkan bareng Dilan yang pernah ada dirumah ini, termasuk scene dari film pertama kayak pas dilan pertama kali kerumah milea. milea is like... ok selamat tinggal semuanya, gw harus move on walaupun gimana gak tau caranya dan sesusah apa but this is it. Terima kasih dilan dengan segala memori tentangmu.

In the end I'm gonna be alright
But it might take a hundred sleepless nights
To make the memories of you disappear
But right now I can't see nothing through these tears
(LANY)

Udah gak ngerti lagi sih mata gw bengep nangis. dan jujur ini gw ngetik juga sambil nahan airmata.. ya Allah begini amat yak what if... film doang padahal tapi kok resep amat sampe ubun - ubun patah hatinya



inhale
exhale



Terus terang, dilan 1991 ini sangat melebihi ekspektasi gw.. gloomy-nya dapet banget, sayangnya justru banyak yang gak sepakat sama aku termasuk duo blogger kesayangan teppy dan kenny kartupos dan gw yakin diluaran sana lebih banyak yang kecewa dan bias - bias kaca aja deh.

Anyway, itu soal filmnya... gw mau bahas soal iqbaal dan vaneshanya.. sempet ketakutan sih dua orang ini bakalan gak ada chemistrynya lagi akibat huru hara sasa pacaran sama adipati. Pas awal - awal mereka promo juga keliatan banget canggungnya mereka berdua tapi ternyata itu sih cuman depannya aja yak hahahaha di promo - promo terakhir, di BTS keliatan kok mereka berdua ini emang chemistrynya real. let say gini... Sasa emang cinmat sama Adipati, Iqbaal juga sibuk sama dunianya (dan dulu sama mikayla ya) tapi sebenernya mereka berdua tuh sangat menikmati jadi dilan dan milea kayak akting disini tuh mereka semacem dikasih izin untuk sayang 1 sama lain walaupun in real life udah punya pasangan masing - masing. The feeling is real, they are not acting.. tapi ya gak bisa dibawa ke kenyataan. nyesek yhaaaa.

Lagian kalo sekarang iqbaal sasa pacaran beneran malah gak berasa dong gregetnya? justru yang gremet - gremet tuh kan pas masa - masa sebelum pacaran......... 
Gw berharap sampe nanti film ketiga muncul, mereka tetap layaknya Dilan Milea yang gak jodoh walaupun tau sama - sama punya rasa tapi 5 tahun lagi mereka menyadari they're soulmate to each other and get married.. tante doain. AMIIIIIIN.


Till then, 


see you next year, panglima tempur.

Comments

  1. aku juga pecinta film dilan milea, dan disini iqbal nya bener bener laki banget mana cakep lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pemaksaan CIMB SUNLIFE

Royal Tulip Gunung Geulis Resort

Chipmunks Playground -- Kota Kasablanka