Tuesday, June 14, 2016

Recipe : Ayam Koloke & Sapo Ayam Jamur

Memasuki bulan ramadhan, gw sibuk cari resep gampil yang sekiranya gak memakan waktu buat sahur atau berbuka. Eh kebetulan banget dapet 2 resep ini dari dapur umami. Lihat ingredients-nya gak ribet jadi langsung menarik hati. resep dibawah ini udah modifikasi dari gw ya.

Ayam Koloke 
serves 3-4 


Ingredients :
- 200 gr dada ayam tanpa tulang
- 1/2 sdt garam + 1/2 sdt lada
- 1 buah telur
- 150 gr tepung terigu (tergantung selera, kalau mau lapisan terigunya lebih banyak bisa ditambahin lagi)
- 2 buah cabe merah besar (buang bijinya kalau gak suka pedas)
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 bungkus Saori Asam Manis
- 100 ml air
- minyak untuk menggoreng

How:
1. balur ayam dengan garam dna lada lalu potong dadu. taruh dalamw adah dan campur dengan telur dan tepung terigu. diamkans ejenak agar garam lada meresap.
2. potong serong cabe dan bawang bombay
3. Masak ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
4. tumis irisan cabe merah dan bawang bombay sampai berubah warna dan harum lalu masukkan air dan saos saori, aduk hingga mendidih dan kental.
5. Masukkan ayam dan aduk kembali. siap dihidangkan


Sapo Ayam Jamur
serves 3-4


Ingredients :
- 6 buah jamur kancing (kalau suka bisa ditambaha menjadi 10 buah)
- 150 gr fillet ayam
- 10 buah bakso ikan (resep aslinya pakai tofu, karena gak ada gw ganti pake ini) 
- 7 lembar sawi putih (tergantung selera)
- 2 buah cabe merah besar (buang bijinya kalau gak suka pedas)
- 2 sdm tepung maizena + 100ml air (campur jadi 1)
- 6 sdm saos tiram
- 250 ml air (kalau suka kental bisa dikurangin jadi 200 ml)
- 6 sdm minyak untuk menumis

How:
- Goreng bakso ikan hingga matang
- Tumis ayam sampai berubah warna menjadi putih lalu masukkan cabe, jamur, sawi putih dan tumis hingga layu
- MAsukkan bakso ikan, saos tiram, air dan masak hingga air mendidih.
- Setelah itu masukkan larutan maizena dan aduk rata. Apabila terlalu kental bisa ditambahkan air lagi.apabila setelah ditambah air rasa kurang asin dapat ditambahkan saos tiram.


Selamat mencoba!


 

2 comments:

  1. cuman ngeliatin aja deh soalnya gak bisa masak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba noniii... asli ini sih gampang buangeeet... gak banyak cucian pun hahaha
      aku yang abal2 aja berhasil XD

      Delete