Tuesday, August 25, 2015

[Book Review] China Rich Girlfriend & Critical Eleven

langsung aja ya kakaaaak...

1. China Rich Girlfriend by Kevin Kwan

Novel ini adalah sequel dari Crazy Rich Asians (review here) yang gw cinta mati baik dunia juga akhirat. Jadi sebelum baca ini, WAJIB HUKUMNYA baca yang pertama dulu ya kak.
Di buku kedua ini fokus pada lanjutan kisah cinta Nick Young and Rachel Chu, rumah tangga Astrid Leong and Michael Tao dan juga kelanjutan kisah gold digger slash social climber Kitty Pong.

Di buku pertama akan ngegantung banget tuh kisahnya Nick sama Rachel, nah ternyata Nick nekad dihapus dari sturktur keluarga paling ningrat-nya Singapore dan tetep nikah sama Rachel and then Ibunya Nick secara gak sengaja menemukan bapak biologis calon mantunya yang ternyata oh ternyata #5 dalam deretan China's Billionaire dari sini lah banyak konflik yang mengalir, kirain langsung happy ending ya kaaan ternyata banyak banget konfliknya.

Kemudian disini dijelasin tentang kelanjutan kehidupan rumah tangga Astrid dan Michael yang sempat gonjang-ganjing. Astrid -- perempuan paling sempurna (dilihat dari sisi warisan, muka, gaya) yang ada di Singapore akhirnya bisa mendapatkan kembali kehidupan jetset-nya setelah Michael berhasil dalam membangun perusahaan IT-nya sampe dijulukin Asia's Bill gates. yang mana malah jadi backfire karena Michael ini jadi kayak culture shock dari nobody menjadi somebody. Kisah Astrid disini favorite gw dan berujung manits sekali... laff.

yang ketiga, fokus cerita ke Kitty Pong yang dulu pernah ngedeketin sepupunya Nick tapi gatot. Akhirnya dese nikah sama Bernard Tai yang dateng dari the new money family (alias horangkayah baru). Dikirain Kitty, sejak menikah dengan salah 1 orang terkaya-nya Hongkong, dia bisa dengan mudahnya masuk ke creme de la creme disana tapi ternyata enggak tuuuh... karena mereka rada alergi sama orang-orang new money apalagi Kitty ini dulu mantan artis sinetron. Untungnya dia gak sengaja ketemu sama salah satu socialite yang sekarang jadi lifestyle consultant. akhirnya dese di tatar dari nol biar bisa masuk ke the most prestigious scene di HK. Nah, disinilah scene-scene kocak bertebaran!

Dibanding buku pertamanya, buku kedua ini jauh lebih gloomy.. drama melulu dan bagian ngakaknya cuman seiprit, TAPI... tetep memukau kok.. Eight out of Ten!


2. Critical Eleven by Ika Natassa 


Ngomongin buku-bukunya Ika ini kayaknya mesti hati-hati yaaa secara fans berat dese bertebaran dimana-mana macem fans-nya Agmon.
Setiap Ika ngeluarin buku terbaru pasti langsung jadi big fuss that everybody's talking about. Jadi semua bukunya gw baca karena gw penasaran sama euphoria-nya. Gw baca bukunya dari A very yuppy Wedding, Divortiare, ANtalogi Rasa semuanya gak ada yang greget!
IMHO, there's something missing in every story that she told. Jadi ya gw liat nih di semua bukunya dia selalu menciptakan tokoh yang lovable dan bisa lo temuin di dunia nyata sehingga cerita dia bisa related ke dunia nyata kita juga.. jadi berasa baca kisah temen aja gitu kak.
Tapi yang gw liat tokoh-tokohnya jauuuuuh dari common. Tokoh cowoknya PASTI ganteng banget (tapi gak berasa ganteng, ya effortless good gitu lah mukanya), pinter.. bukan sekedar pinter keluaran ITB tapi harus lulusan luar (pokoknya Ivy League ya kakak!), charming, humoris, yaaa beda tipis deh sama Mas Boy! intinya selalu karakter yang bikin klepek-klepek dengan nama yang puitis  nan eksotis juga berbau sedikit ningrat. Am i right?
Tokoh ceweknya PASTI macem Mesty Ariotedjo yang cantik banget,  karir OK, datang dari keluarga berada dan sudah pasti dikejer-kejer sama cowok yang mas boy banget.
Coba, is it really related with your life? seberapa banyak sih lulusan ivy league dengan muka gantengnya Masya Allah bisa lo temuin di jakarta? Esquire meets Forbes loh ini.... yakin related sama lingkungan sekitar kita?
Berapa banyak sih populasi cewek macem Mesty di jakarta? 1 : 2.000.000 ya kayaknya... intinya tujuan dia bikin karakter yang 'sehari-hari gampang kita temuin" itu udah gagal total. menurut gw yaaa.. tolong jangan rajam akoh.

Pas baca sedikit sinopsis tentang CE, gw ngerasa.. oh typical.. si perfect mas boy ketemu si perfect mesty. agak males yaa... but again, THE BIIIG FUSSSSSSSSS... bikin gw penasaran dan rela ngantri panjang di gramed.

CE ini dibuka dengan perkenalan Aldebaran Risjad/Ale (kakaknya Harris Risjad -- tokoh di Antalogi Rasa) dengan Tanya Baskoro/Anya di pesawat yang menuju Sydney.. gw kira kisah ini berakhir disaat akhirnya mereka akhirnya.. againts all odd, and those rocky obstacles berhasil ke pelaminan.. ternyata oh ternyata.. inti cerita CE ini baru mulai ketika mereka menikah.
Setelah 5 tahun menikah, rumah tangga Ale dan Anya gonjang ganjing sampe pisah ranjang segala. Ale melakukan suatu honest mistake sampe Anya marah besar dan lebih memilih untuk tidur dikamar Aidan (anak mereka). di chapter-chapter awal gw ngerasa si Anya ini lebay deh.. kesalahan Ale kan totally an honest one.. mesti ya marah sampe sebegitunya?
Lalu dengan mengalirnya cerita.. gw jadi mengerti kenapa Anya bisa semarah itu, ikutan terhanyut sama sakit hatinya Anya, ikut-ikutan nangis kalo Anya nangis T_______T dan juga ikutan nangis kalo lihat usaha Ale buat baikan dianggep angin lalu aja T_____T
ada 1 scene dimana gw nangis sampe sebegitunya.. suatu malam, Ale lihat Anya tidur dilantai kamar Aidan.. tanpa kasur cuman pake selimut aja.. bener-bener despret lah (gw jadi inget adegan Izzie pas ditinggal mati sama Danny di Grey's Anatomy.. yang dia cuman bisa tiduran di lantai saking nelangsanya) dan ternyata kata pembantu mereka tiap malam Anya begitu.. begitu berkesannya sampe setiap Ale recall scene ini, gw mewek lageeee mewek lageeee T____T

330 halaman.. 250-nya gw baca pake mata berkaca-kaca. Kesedihan Anya dan clueless-nya Ale begitu intense dari awal sampe akhir.. ibaratnya nih, gak ngasih jeda ke pembaca untuk sekedar ngapus air mata. iyah, se-intense itu.

Herannya, abis selesai baca buku ini gw gak ngerasa ada ikatan batin *duileee* atau kebayang-bayang lagi sama Ale dan Anya.. ya mungkin karena gw gak suka dengan ide Ika untuk menciptakan karakter yang too perfect jadi malah gw gak bisa related sama mereka padahal dari segi cerita gw ngerasa sehati banget sama Anya.. mungkin karena kita sama-sama seorang istri dan ibu.
 

So far, yang bisa bikin gw ngerasa Book hangover cuman buku karangan Rainbow Rowell yang pernah gw bahas disini.
Eleanor and Park.. i cannot move on.
 

 

2 comments:

  1. aaaaak mau china rich nya kakaaaaaaa..
    eh berati ini ceritanya lebih banyak si Pong kah? lah judulnya ajee ' China GF '

    ReplyDelete
    Replies
    1. China GF disini maksudnya temen2 barunya Rachel sis.. kan si Rachel ternyata anak horangkayah banget, trus adik tirinya narik dese ke pergaulan temen2 cewek dia yang kaya2 bingits XD

      Delete